BANDARA DI SKOTLANDIA
Bandar Udara Edinburgh
12 April 2007
----------
Bandar
Udara Edinburgh (bahasa Gaelik Skotlandia: Port-adhair Dhùn Èideann) (IATA:
EDI, ICAO: EGPH) (juga disebut sebagai Turnhouse) terletak di Edinburgh,
Skotlandia, bandar udara terbesar ke-8 di
Britania Raya. Bandar udara ini
terletak 8 mil (13 km) barat pusat kota Edinburgh. Bandar Udara Edinburgh
dikelola oleh BAA Limited, perusahaan yang juga mengelola London Heathrow,
London Gatwick, London Stansted, Glasgow International, Aberdeen, dan Southampton.
Bangunan terminalnya didesain oleh Robert Matthew, dikonstruksi pada 1977 dan
diperlengkapi beberapa tahun terakhir, dengan fasilitas tempat parkir baru dan
perlebaran hall kedatangan. Sebuah ATC baru selesai dibangun pada 2005.Terdapat
rencana untuk perluasan bandar udara, dengan jumlah penumpang yang ditargetkan
mencapai 20 juta per annum pada 2030.
Ryanair and Flybe aircraft at the
airport, 25 Maret 2009
-------------
Sejarah
Aerodrome
Turnhouse merupakan basis pertahanan udara Britania Raya paling utara pada
Perang Dunia I. Basis kecilnya dibuka pada 1915 dan digunakan sebagai basis
Skuadron 603 (Edinburgh), yang mencakup pesawat pembom DH 9A, Westland Wapitis,
Hawker Harts, dan Hawker Wind. Semua pesawat menggunakan landasan pacu yang
permukaannya rumput.Pada
1918, Angkatan Udara Kerajaan dibentuk dan bandar udara itu diberi nama RAF
Turnhouse dan kepemilikannya diserahkan kepada Menteri Pertahanan.Ketika
Perang Dunia II pecah, komando mengambil alih bandar udara tersebut dan
landasan pacu sepanjang 3,900 kaki diberi aspal agar dapat menangani pesawat
Vickers Supermarine Spitfire. Setelah perang berakhir, bandar udara itu tetap
berdiri dibawah kontrol militer, tetapi pada tahun 1940, penerbangan komersial
pertama diluncurkan. Pada 1947, British European Airways memulai penerbangan
antara Edinburgh dan London menggunakan pesawat Vickers Viscounts. Pada 1952,
landasan pacunya diperpanjang hingga 6,000 kaki untuk menangani pesawat Vampire
FB5. Pada 1956, sebuah terminal penumpang dibangun untuk penerbangan komersial
dan 5 tahun kemudian, bangunan tersebut diperlebar. Menteri Pertahanan
menyerahkan kepemilikan bandar udara Edinburgh kepada Menteri Penerbangan pada
1960. Pada 1971, Otoritas Bandar Udara Britania Raya (BAA) mengambil alih
bandar udara ini dan memulai perluasannya dengan membangun landasan pacu baru
dan terminal.
A Flybe Embraer 195 at the airport, 25
Maret 2009
-------------
Landasan
pacu 13/31 (sekarang 12/30) melayani bandar udara dengan baik, tetapi
pemotongan jalur landasan pacu menyebabkan kerugian karena arah angin, sehingga
penerbangan dialihkan ke landasan pacu baru (07/25, sekarang 06/24). Landasan
pacu ini, diselesaikan pada 1977 dengan panjang 8,399 kaki, dan dapat menangani
semua pesawat modern. Sebuah terminal baru dibangun di pinggiran landasan pacu
dan terminal lama dan hangar diubah menjadi pusat kargo.Penerbangan
internasional pada 1980 dari Edinburgh menuju Amsterdam dan Dublin, tetapi pada
tahun-tahun berikutnya, destinasi di Perancis dan Jerman. Pada akhir dekade,
BAA telah mengumpulkan dana untuk memperlebar bangunan terminal dan membuat
apron parkir.Source, http://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Edinburgh