BANDARA DI SKOTLANDIA
Bandar Udara Internasional Glasgow
17 Mei 2007
-----------
Bandar
Udara Internasional Glasgow (bahasa Gaelik Skotlandia: Port-adhair
Eadar-nĂ iseanta Ghlaschu) (IATA: GLA, ICAO: EGPF) (sebelumnya bernama Bandar
Udara Glasgow Abbotsinch) terletak 8 mil (13
km) barat pusat kota Glasgow,
dekat kota Paisley dan Renfrew di Renfrewshire, Skotlandia, Britania Raya. Glasgow
merupakan bandar udara terbesar dan tersibuk di SKotlandia dan merupakan yang
tersibuk ke-6 di UJ pada tahun 2005, kemudian turun menjadi bandar udara
tersibuk ke-7 pada 2006. Glasgow merupakan bandar udara pertama yang berhasil
mencapai 1 juta penumpang dalam jangka satu bulan. Bandar udara ini dikelola
oleh BAA Limited, yang juga mengelola London Heathrow, London Gatwick, London
Stansted, Edinburgh, Aberdeen dan Southampton. Bandar Udara Internasional
Glasgow merupakan hub bagi Loganair, easyJet dan Flyglobespan. Bandar udara
internasional lainnya yang terletak di Glasgow adalah Bandar Udara
Internasional Glasgow Prestwick, terletak 29 mil (46 km) dari pusat kota,
melayani maskapai penerbangan bertarif rendah dan menangani ¼ lalu lintas udara
di Glasgow.
Walkway between the two terminal
buildings. 19 Februari 2006
--------------
Sejarah
Sejarah
bandar udara Glasgow terjadi pada 1932, ketika situs di Abbotsinch, di antara
Black Cart Water dan White Cart Water, dekat Paisley di Renfrewshire, dibuka
dan Angkatan Udara Kerajaan Skuadron 602 (Glasgow) Auxiliary Air Force memindahkan
pesawat Wapiti IIA dari Renfrew pada Januari 1933.[5] Stasiun RAF,
bagaimanapun, tidak dibentuk hingga 1 Juli 1936 ketika 6 Auxiliary Group,
Bomber Command, tiba. Sejak Mei 1939 hingga Okotober 1939, Skuadron tersebut
menggunakan pesawat Supermarine Spitfire. Pada 1940, unit pelatihan Torpedo
dibentuk, yang melatih kedua RAF dan kru Angkatan Laut Kerajaan.[5] Pada 11
Agustus 1943, Abbotsinch ditangani oleh Angkatan Laut Kerajaan dan menjadi
Stone frigate. Semua HMS dan Stone Frigate diberi nama dan Abbotsinch diberi
nama HMS Sanderling; bagaimanapun Abbotsinch sering disebut HMS Sanderling
sejak Juni 1940. Pada tahun 1950-an, bandar udara ini telah memiliki unit
penyimpanan pesawat besar dan skuadron Royal Naval Volunteer Reserve. Angkatan
Laut Kerajaan meninggalkan daerah tersebut pada Oktober 1963. Nama Sanderling
akhirnya dipakai untuk sebuah bar di bandar udara (The Sanderling Bar) dan
lonceng kapal HMS Sanderling yang dipajang di bandar udara. Pada 1960-an,
Glasgow Corporation memutuskan bahwa kota Glasgow membutuhkan sebuah bandar
udara baru. Bandar udara utama Glasgow yang asli terletak 3 km (2 mil) timur
Abbotsinch, dan sekarang menjadi area Taman Dean di Renfrew. Bangunan terminal
Art Deco yang asli di Bandar Udara Renfrew tidak dapat bertahan lama.
A pair of Easyjet Boeing 737 700 series
at Glasgow International Airport.
---------------
Situs
bangunan tersebut digunakan untuk supermarket Tesco dan motorway M8; motorway
tersebut terletak di atas landasan pacu utama bandar udara Renfrew. Abbotsinch
mengambil alih bandar udara Renfrew pada 2 Mei 1966. Ini merupakan rencana
controversial yang menyatakan bahwa pemerintah pusat telah menjanjikan jutaan
poundsterling untuk pembangunan kembali Bandar Udara Prestwick dalam menghadapi
"era jet". Meskipun demikian, rencana tersebut dilakukan dan bandar
udara yang baru, didesain oleh Basil Spence dan dibangun dengan biaya sebesar
£4,200,000, selesai pada 1966, dengan pesawat De Havilland Comet milik British
European Airways yang memulai penerbangan pertamanya. Penerbangan komersial
pertama yang mendarat di Glasgow adalah British European Airways dari
Edinburgh, mendarat pada 08:00 tanggal 2 Mei 1966.
A Loganair, operating as a franchise of
British Airways, SAAB 340B, at the airport.
--------------------
Bandar
udara ini dibuka secara resmi pada 27 Juni 1966 oleh Ratu Elizabeth II. Masalah
politik antara Glasgow dan Prestwick terus berlanjut, Prestwick menikmati
monopoli pada penerbangan trans-Atlantik, sementara Glasgow hanya diizinkan
menangani penerbangan di Britania Raya dan intra-Eropa. Pada 1975, Otoritas
Bandar Udara Britania Raya (BAA) mengambil alih kepemilikan Bandar Udara
Glasgow. Ketika BAA diprivatisasikan pada 1980-an, sebagai BAA plc, perusahaan
ini memperkuat portofolio bandar udara Glasgow dan menjual bandar udara
Prestwick. Larangan yang ditujukan terhadap Bandar Udara Glasgow dicabut dan
operator trans-Atlantik berpindah dari Prestwick; Bandar Udara Glasgow diubah
namanya menjadi Bandar Udara Internasional Glasgow. BAA melakukan rencana pembangunan
ulang untuk Bandar Udara Internasional Glasgow pada 1989. Sebuah bangunan
terminal dibangun dengan cara membangun bangunan baru sehingga bangunan karya
Basil Spence berada di dalam terminal baru. Lengkungan beton asli yang terlihat
seperti Jalan Caledonia sekarang membentuk pintu depan area check-in. Bandar
Udara Internasional Glasgow memiliki 38 gerbang, yang menambah kapasitasnya
hingga 9 juta penumpang per tahun. Pada 2003, BAA menyelesaikan pekerjaan
pembangunan ulang pada gedung satelit (disebut "T2", sebelumnya
bernama Gedung St. Andrews), yang bermaksud untuk menyediakan fasilitas
check-in untuk maskapai penerbangan bertarif rendah, seperti easyJet dan
MyTravel Airways. Pada 1966, Bandar Udara Glasgow menangani 5.47 juta penumpang
per annum, mendapat peringkat ke-4 di UK. Pada 2006, bandar udara ini menangani
8.82 juta penumpang, mendapat peringkat ke-7 di UK, beda 0.21 juta penumpang
dengan kompetitor besarnya - Bandar Udara Edinburgh.
A Easyjet Airbus A319-100 taxing to the
terminal.
------------------------
Hari
Ini
Terminal
bandar udara Glasgow terdiri dari 3 Pier, Barat (Internasional), Tengah
(Domestik) dan Timur (Maskapai Bertarif Rendah & Irlandia/Irlandia Utara). Pier
Tengah, yang merupakan bagian dari bangunan 1966 yang asli, sekarang digunakan
untuk penerbangan domestik. British Airways berbasis di Glasgow pada perluasan
bandar udara 1971, dengan penerbangannya yang menggunakan Gerbang 17 hingga
Gerbang 23. Terdapat 2 lounge BA Executive Club, 1 lounge di Gerbang 18 dan
yang lainnya (diambil alih oleh KLM UK ketika maskapai ini mematikan rute
menuju London Stansted) terletak di Gerbang 16. bmi menggunakan Gerbang 16, 24
dan 25. Pembangunan di Gerbang 25 menyebabkan relokasi bmi DIamond Club dan
lounge Bisnis ke area di antara Gerbang 25 dan 26, dan sebuah W.H. Smiths baru
menggantikan toko lainnya yang sebelumnya terletak di Gerbang 20. Pier ini juga
digunakan oleh Air Berlin (umumnya di Gerbang 23 atau 26) dan flyBe (Gerbang 14
& 15). Garbarata tersedia di Gerbang 17, 19, 21, 22, 23, 24, 25 dan 26.
Gerbang 14, 15, 16, 18 dan 20 menggunakan tangga yang sering digunakan pesawat
yang tidak menggunakan garbarata. Gerbang 19 dapat mengakomodasi Boeing 767
atau 2 pesawat regional.
A Travel City Direct Boeing 747 being
prepared for departure.
----------------------------
Pier
Timur, dibangun pada pertengahan 1970-an, digunakan untuk penerbangan
internasional tetapi pier tersebut dibangun ulang agar dapat digunakan oleh
easyJet dan Loganair, juga pesawat charter. Semua penerbangan menuju Irlandia
dan Irlandia Utara juga menggunakan pier ini. Semua gerbang di pier ini tidak
menggunakan garbarata. Gerbang 6 dan 7 di ujung Pier Timur sanggup menangani
pesawat jet berbadan lebar dan seringnya penumpang dari penerbangan
internasional menggunakan bus menuju/dari Pier Barat untuk menggunakan pesawat
yang diparkir di sana. Maskapai yang sering menggunakan pier ini adalah Aer
Lingus, Loganair dan easyJet. Pier Barat, dibangun ketika perluasan bandar
udara 1989, merupakan poin keberangkatan penerbangan jarak jauh dan
internasional utama.
A Monarch Airlines Airbus A330-200
Landing.
-----------------------
Gerbang
27, 28, 29, 30, 32, 33 dan 34 memiliki garbarata. Ketika Gerbang 30 digunakan
oleh 2 Boeing 737, pesawat di Gerbang 30L dapat menggunakan garbarata. Gerbang
51 dan 52 (disebut sebagai gerbang 25 dan 26 di Pier Tengah) dapat diakses
melalui Lounge Internasional, menjadikan 2 gerbang tersebut dapat digunakan 2
pier. Gerbang 29 dan 30 dapat menangani pesawat Boeing 747. Pesawat terbesar
yang menggunakan bandar udara ini adalah Emirates Boeing 777-300 yang
menggunakan Gerbang 30. Pada Musim Semi 2006, sebuah pembangunan ulang Lounge
Keberangkatan Internasional dilakukan dan diganti dengan lounge bisnis/premium.
Pada 2006, British Regional Hangar dihancurkan dan Gerbang 37, 38, dan 39
internasional di seberang Pier Barat dibangun, dan dibuka pada Agustus 2006.
Gerbang-gerbang ini dapat digunakan oleh berbagai macam pesawat tergantung tipe
pesawat. Beberapa gerbang, yang diberi nomor pada tahun 1960-an, yang terletak
di Pier Timur, sering digunakan oleh pesawat kargo. Gerbang 81 dan 82 dibangun
pada 2004 berdekatan dengan menara ATC, dengan bus transfer yang mengangkut
penumpang dari terminal.
A British Airways Boeing 737-400 taxing
------------------------
Pertumbuhan
lebih jauh terhambat karena lokasi bandar udara, yang dibatasi oleh motorway M8
di selatan, kota Renfrew di timur dan Sungai Clyde di utara. Sekarang, kota
Clydebank, Bearsden dan Linwood berdiri dibawah penggusuran untuk pembangunan
jalan raya menuju bandar udara, yang berarti peningkatan lalu lintas tidak
dapat dilakukan secara politik. Glasgow International juga menghadapi kompetisi
dengan saingannya di Prestwick, yang telah menjadi sebuah hub bagi maskapai
bertarif rendah dan memiliki jaringan rel menuju Glasgow Pusat. Bagaimanapun,
Scottish Executive mengumumkan pada 2002 bahwa jaringan rel dari stasiun
Glasgow Pusat akan dibangun menuju Bandar Udara Internasional Glasgow. Jaringan
rel itu disebut Glasgow Airport Rail Link (GARL) yang diperkirakan akan selesai
pada 2009 dengan kereta api pertama yang beroperasi pada awal 2010. Empat
kereta api setiap jam akan beroperasi menuju Glasgow Pusat. Bandar udara ini
dapat diakses melalui darat dengan motorway M8 dan dilayani oleh sebuah bus
ekspres dari pusat kota, walaupun ini dapat mengalami kemacetan di pusat kota
Glasgow. Bandar udara ini merupakan basis bagi maskapai penerbangan regional
Skotlandia, Loganair, sebuah operator franchise British Airways, yang memiliki
fasilitas hangar juga kantor utama yang terletak di area itu.British Airways
memiliki sebuah hangar perawatan pesawat di bandar udara Glasgow yang dapat
menangani Airbus A320 dan Boeing 737, juga fasilitas kargo. Glasgow juga
merupakan satu dar dua basis utama bagi Flyglobespan, tetapi maskapai ini tidak
memiliki fasilitas besar di bandar udara ini.
A Airside on the East/Low cost pier.
-------------------
Rencana
Masa Depan
Pada
2005, BAA mempublikasikan proyek untuk pembangunan bandar udara di masa depan.
Rancangan proyek ini sudah termasuk propsal untuk pembangunan landasan pacu
paralel kedua di bagian baratlaut landasan 05/23 yang sudah ada; pembangunan
ulang dan perluasan Pier Timur untuk menghubungkan Terminal 2 dengan pier
tersebut; dan perluasan Pier Internasional hingga bagian barat pier tersebut.
Rencana pembangunan terminal rel juga sedang dikerjakan, menghubungkan terminal
penumpang bandar udara dan tempat parkir bertingkat.
A Emirates Airlines Boeing 777-300ER
taxing.
-----------------------
Pada
29 November 2006, Parlemen Skotlandia memberi izin stasiun kereta api baru
menjadi bagian dari rute Glasgow Airport Rail Link menuju Glasgow Central
Station. Konstruksi stasiun dan jaringan rel ini akan selesai pada 2009